Senin, 25 Oktober 2010

robot bedah


operasi pertama kali menggunakan gabungan robot bedah dan robot bius yang dioperasikan oleh operator.

Mungkin mustahil bagi kita untuk mempercayai hal ini, tapi beginilah kenyataannya.  Peneliti dari universitas McGill baru-baru ini menemukan robot bedah yang begitu canggih. Untuk pengoperasian pertama, robot ini di operasikan pada rumah sakit umum montreal. 



Prinsip kerjanya sederhana, pasien akan dioperasi oleh robot ini dalam ruangan terpisah, dan robot ini di kontrol oleh seorang ahli bedah dari luar ruangan. Ahli bedah cukup memonitor gerakan dan gambar-gambar detailnya yang di kirim tiap beberapa detik. Kini robot bedah yang di beri nama DaVinci yang terdiri dari 2 single arm  ini selalu digabung dengan partner kerjanya, robot bius yang bernama McSleepy.

Untuk masalah keamanan, Davinci dilengkapi ketelitian yang sangat tinggi yang melebihi ketelitian seorang manusia. daVinci juga mengirimkan gambar berupa 3D HD kepada tim bedah, dimana mereka mengoperasikan davinci melalui video kontrol. Untuk kenyamanannya, McSleepy menjadi rekan kerja yang sempurna untuk berbagai operasi. Anestesi  atau pembiusan akan menjadi sangat sulit selama robot mengoperasi, karena pasien akan berada di posisi dimana otot-ototnya menegang. Dengan menggunakan Mcsleepy maka akan terjamin kualitas tiap kali operasi yang tntunya tergantung jenis operasi apa yang akan dilakukan.

related post : single arm untuk orang lumpuh




  By : Poison_for_drug 
 sumber :www.popsci.com

1 komentar: